kunci jawaban tvri 30 april 2020 (pembelajaran kelas 4,5,6)

Hai adik-adik semua, masih semangakan menjalani aktivitas pagi ini? ya jika masih tersenyumlah! karena pada kesempatan pagi ini kakak akan kembali memberikan kunci jawaban tvri tanggal 30 april 2020 kelas 4 sampai kelas 6.

kunci jawaban tvri tanggal 30 april 2020


Oleh karena itu, silahkan adik-adik siapkan alat tulis, lalu catatlah jawaban ini! agar adik-adik bisa megerjakan soal tvri yang diberikan dengan cepat.

Tapi jika adik-adik berkeinginan untuk menjawab sendiri soal tvri tanggal 30 april kelas 4 6 tersebut. Tips dari kakak sih, simak video dengan baik-baik. Sebisa mungkin ajak kakak atau orang tuamu untuk menemani, dengan begitu jika adik-adik kurang faham bisa ditanyakan kepada mereka.

Namun, jika adik-adik malas dan takut capek karena puasa...

Silahkan gunakan kunci jawaban tvri tanggal 30 april 2020 kelas 4 sampai kelas 6 berikut ini;

Kunci Jawaban TVRI tanggal 30 april 2020 Kelas 4-6

Berikut ini adalah kunci jawaban tvri tanggal 30 april 2o2o kelas 4 sampai kelas 6 sebanyak 2 buah soal. untuk yang pertama kakak akan meberikan jawaban soal pertama terlebih dahulu.

1. Jelaskan sejarah berdirinya Kerajaan Tarumanegara!
Jawab:

Kerajaan ini didirikan oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman pada tahun 358 Sebelum Masehi.

Tarumanagara atau Kerajaan Taruma adalah sebuah kerajaan yang pernah berkuasa di wilayah barat pulau Jawa pada abad ke-4 hingga abad ke-7 M. Tarumanegara merupakan salah satu kerajaan tertua di Nusantara yang meninggalkan catatan sejarah. Dalam catatan sejarah dan peninggalan artefak di sekitar lokasi kerajaan, terlihat bahwa pada saat itu Kerajaan Taruma adalah kerajaan Hindu beraliran Wisnu.

Kata tarumanagara berasal dari kata taruma dan nagara. Nagara artinya kerajaan atau negara sedangkan taruma berasal dari kata tarum yang merupakan nama sungai yang membelah Jawa Barat yaitu Ci Tarum. Pada muara Ci Tarum ditemukan percandian yang luas yaitu Percandian Batujaya dan Percandian Cibuaya yang diduga merupakan peradaban peninggalan Kerajaan Taruma.

Salanjutnya kunci jawaban tvri tanggal 30 april 2020 nomor 2 berikut ini:

2. Jelaskan yang menjadi bukti tentang berdirinya Kerajaan Tarumanegara!
Jawab:

Bukti keberadaan Kerajaan Taruma diketahui dengan tujuh buah prasasti batu yang ditemukan. Lima di Bogor, satu di Jakarta dan satu di Lebak Banten. Dari prasasti-prasasti ini diketahui bahwa kerajaan dipimpin oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman pada tahun 358 M dan dia memerintah sampai tahun 382 M. Makam Rajadirajaguru Jayasingawarman ada di sekitar sungai Gomati (wilayah Bekasi). Kerajaan Tarumanegara ialah kelanjutan dari Kerajaan Salakanagara.

Prasasti yang ditemukan

  • Prasasti Kebon Kopi, dibuat sekitar 400 M (H Kern, 1917), ditemukan di perkebunan kopi milik Jonathan Rig, Ciampea, Bogor.
  • Prasasti Tugu, ditemukan di Kampung Batutumbu, Desa Tugu, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, sekarang disimpan di museum di Jakarta. Prasasti tersebut isinya menerangkan penggalian Sungai Candrabaga oleh Rajadirajaguru dan penggalian Sungai Gomati sepanjang 6112 tombak atau 12 km oleh Purnawarman pada tahun ke-22 masa pemerintahannya.Penggalian sungai tersebut merupakan gagasan untuk menghindari bencana alam berupa banjir yang sering terjadi pada masa pemerintahan Purnawarman, dan kekeringan yang terjadi pada musim kemarau.
  • Prasasti Cidanghiyang atau Prasasti Munjul, ditemukan di aliran Sungai Cidanghiyang yang mengalir di Desa Lebak, Kecamatan Munjul, Kabupaten Pandeglang, Banten, berisi pujian kepada Raja Purnawarman.
  • Prasasti Ciaruteun, Ciampea, Bogor
  • Prasasti Muara Cianten, Ciampea, Bogor
  • Prasasti Jambu, Nanggung, Bogor
  • Prasasti Pasir Awi, Citeureup, Bogor

Demikianlah kunci jawaban tvri tanggal 30 april 2020 kelas 4 sampai kelas 6 yang bisa bapak berikan, semoga apa yang jarebapak berikan pada kesempatan kali ini bermanfaat daan bisa membantu tugas adik-adik semua dirumah.

Pesan kakak, selama pandemi virus corona tetaplah dirumah, jaga kesehatan dan tetap melakukan social distancing ketika berada diluar rumah.

Akhir kata wassalamu'alaikum warahmatullaihi wabarokatuh..

Sumber Referensi:



Rujukan:


  • Richadiana Kartakusuma (1991), Anekaragam Bahasa Prasastidi Jawa Barat Pada Abad Ke-5 Masehi sampai Ke-16 Masehi: Suatu Kajian Tentang Munculnya Bahasa Sunda. Tesis (yang diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister dalam bidang Arkeologi). Fakultas Pasca Sarjana Universitas Indonesia.
  • Dinas Purbakala R.I (1964) Laporan Tahunan 1954 Dinas Purbakala Republik Indonesia. Djakarta: Dinas Purbakala
  • J.L.Moens (1940)"was Purnawarman van Taruma een Sanjaya?" TBG.81
  • J. noorduyn and H.Th.Verstappen (1972), "Purnawarman's River-works near Tugu" BKI 128:298-307
  • R.M.Ng.Poerbatharaka (l952), Riwayat Indonesia I. Djakarta: Jajasan Pembangunan
  • Soetjipto Wirjosuparto (1963), The Second Wisnu Image of Cibuaya, West Jawa, MISI. I/2: 170-87
  • Teguh Asmar (1971), "Preliminary Report on Recent Excavation near the Kenon Kopi Inscription (Kampung Muara)" Manusia Indonesia V(4-6), l971:416-424;
  • Teguh Asmar (l971) "The Megalithic Tradition" dalam Haryati Soebadio et.al.(editor) Dynamic of Indonesian History, Amsterdam. 1978:29-40
  • W.P.Groeneveldt, Catalogus der Archaeologische Verzameling van het Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen, Batavia l887
  • N.J.Krom "inventaris der Hindoe-Oudheden" ROD 1914-1915.
  • Hasan Djafar "Pemukiman-Pemukiman Kuno di Daerah akarta dn Sekitarnya" makalah pada Dskusi Ilmiah Arkeologi VI, Jakarta 11-12 Februari 1988. IAAI Komda Jawa Barat.
  • Van der Hoop Catalogus der Prehistorische Verzameling. 1941.
  • R.P.Soejono "Indonesia (REgional REport)" Asian Perspectives VI, 1962: 23-24
  • I Made Sutayasa (l970) "Gerabah Prasedjarah dari Djawa Barat Utara (kompleks Bun), makalah pada Seminar Sjarah Nasional II
  • Jurusan Arrkeologi FSUI (l985/1986), Peninggalan Purbakala di Batujaya (naskah Laporan untuk Proyek Penelitian Purbakala, Jakarta)

Comments